Kunci Jawaban Soal Latihan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil'alamin (P5 PPRA)-Bagian 4
1 dari 10 soal
A profil modul
B tujuan
C aktivitas
D Asesmen
2 dari 10 soal
3 dari 10 soal
Perhatikan beberapa tahapan berikut!
1. Mengidentifikasi tingkat kesiapan madrasah
2. Membentuk tim fasilitator projek
3. Menyusun modul projek
4. Merancang dimensi, tema, dan alokasi waktu
5. Merancang strategi pelaporan projek
Urutan tahapan yang benar dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar adalah ....
Modul projek dilengkapi dengan komponen yang menjadi dasar dalam proses penyusunannya. Modul tersebut setidaknya memiliki komponen berikut: profil modul, tujuan, aktivitas, dan asesmen. Penentuan tema dan topik atau judul modul, fase atau jenjang sasaran, dan durasi kegiatan terdapat dalam komponen…
A profil modul
B tujuan
C aktivitas
D Asesmen
2 dari 10 soal
Tujuan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamiin adalah .…
A Sebagai acuan utama untuk para pendidik dalam membangun karakter serta kompetensi peserta didik.
B Penguatan identitas khas bangsa Indonesia, yaitu Pancasila sebagai rujukan karakter pelajar Indonesia dan moderasi beragama dengan kompetensi dalam konteks perkembangan Abad 21.
C Agar setiap individu dapat menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.
D Untuk mewujudkan kehidupan berbbangsa dan bernegara yang moderat dan penguasaan kompetensi abad 21.
3 dari 10 soal
Perhatikan beberapa tahapan berikut!
1. Mengidentifikasi tingkat kesiapan madrasah
2. Membentuk tim fasilitator projek
3. Menyusun modul projek
4. Merancang dimensi, tema, dan alokasi waktu
5. Merancang strategi pelaporan projek
Urutan tahapan yang benar dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar adalah ....
A 2, 1, 4, 3, 5
B 1, 2, 4, 3, 5
C 1, 2, 3, 4, 5
D 4, 3, 2, 1, 5
4 dari 10 soal
A menyusun modul projek.
B merancang dimensi, tema, dan alokasi waktu.
C merancang tim fasilitator dalam satuan pendidikan.
D merancang strategi pelaporan hasil projek.
5 dari 10 soal
A Berimbang (tawāzun)
B Kesetaraan (musāwah)
C Berkeadaban (ta’addub)
D Keteladanan (qudwah)
6 dari 10 soal
P5 dan PPRA merupakan profil yang diwujudkan bergandengan dalam satu kegiatan. Berikut ini, pernyataan yang benar mengenai keduanya adalah…
7 dari 10 soal
A tasamuh
B tawasuth
C qudwah
D syura
8 dari 10 soal
9 dari 10 soal
Berikut adalah pemetaan Dimensi-Nilai, tema dan alokasi waktu P5-PPRA yang dilakukan oleh guru MA
Tema yang paling tepat pada huruf A-B-C berturut-turut adalah….
A Kewirausahaan-Kearifan Lokal- Bhineka Tunggal Ika
B Kearifan Lokal-Bhineka Tunggal Ika-Kewirausahaan
C Kearifan Lokal- Kewirausahaan- Bhineka Tunggal Ika
D Bhineka Tunggal Ika-Kearifan Lokal-Kewirausahaan
10 dari 10 soal
B 1, 2, 4, 3, 5
C 1, 2, 3, 4, 5
D 4, 3, 2, 1, 5
4 dari 10 soal
Ada 5 tahapan yang harus dilakukan madrasah/sekolah dalam mendesain P5-PPRA. Kegiatan yang bukan merupakan tanggung jawab tim fasilitator adalah…
A menyusun modul projek.
B merancang dimensi, tema, dan alokasi waktu.
C merancang tim fasilitator dalam satuan pendidikan.
D merancang strategi pelaporan hasil projek.
5 dari 10 soal
Manusia diciptakan oleh Allah SWT. berbangsa-bangsa dan bersuku-suku. Sekalipun demikian, hal ini tidak berimplikasi terhadap perlakuan yang berbeda. Di hadapan Allah, yang manusia manusia satu dengan yang lain hanyalah ketaqwaannya semata. Konsep inilah yang diusung untuk ditumbuhkembangkan dalam penguatan profil pelajar Rahmatan Lil Alamin melalui nilai ....
A Berimbang (tawāzun)
B Kesetaraan (musāwah)
C Berkeadaban (ta’addub)
D Keteladanan (qudwah)
6 dari 10 soal
P5 dan PPRA merupakan profil yang diwujudkan bergandengan dalam satu kegiatan. Berikut ini, pernyataan yang benar mengenai keduanya adalah…
A P5 mengandung dimensi, elemen, dan subelemen. Sementara PPRA mengandung nilai, subnilai, dan indikator.
B P5 mengandung nilai, subnilai, dan indikator. Sementara PPRA mengandung dimensi, elemen, dan subelemen.
C P5 mengandung dimensi, elemen, dan indikator. Sementara PPRA mengandung nilai, subnilai, dan subindikator.
D P5 mengandung dimensi, subnilai, dan indikator. Sementara PPRA mengandung nilai, elemen, dan subelemen.
7 dari 10 soal
Indah seorang pengurus OSIS di Madrasah B. Setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat, ia mendapat tugas untuk menjadi Petugas Sapa Pagi. Kegiatan Sapa Pagi dimulai pukul 06.15 hingga 06.30 WIB. Indah hadir di madrasah pukul 06.00 WIB. Yang Indah lakukan merupakan salah satu bentuk pengamalan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin, yaitu
A tasamuh
B tawasuth
C qudwah
D syura
8 dari 10 soal
Projek Penguatan Profil merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu yang diorientasikan untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan lingkungan sekitar peserta didik. Projek Penguatan Profil di madrasah diproyeksikan pada 2 (dua) aspek yaitu: 1) Profil Pelajar Pancasila, dan 2) Profil Pelajar Rahmatan lil alamin.
Terkait Projek Penguatan Profil Pelajar di madrasah tersebut, pernyataan berikut yang tidak tepat adalah ....
A Projek Profil Pelajar Pancasila dan Projek Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin memiliki asesmen masing-masing.
B Projek penguatan profil pelajar Pancasila dan Rahmatan lil Alamin dijalankan dalam bentuk kokurikuler, namun dapat juga intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.
C Madrasah dapat memilih mana yang harus dijalankan dahulu antara Projek Profil Pelajar Pancasila atau Projek Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin.
D Projek penguatan profil pelajar Pancasila memiliki dimensi, elemen, dan sub-elemen. Sedangkan Profil Pelajar Rahmatan lil alamin memiliki nilai, sub-nilai, dan indikator.
9 dari 10 soal
Berikut adalah pemetaan Dimensi-Nilai, tema dan alokasi waktu P5-PPRA yang dilakukan oleh guru MA
Tema yang paling tepat pada huruf A-B-C berturut-turut adalah….
A Kewirausahaan-Kearifan Lokal- Bhineka Tunggal Ika
B Kearifan Lokal-Bhineka Tunggal Ika-Kewirausahaan
C Kearifan Lokal- Kewirausahaan- Bhineka Tunggal Ika
D Bhineka Tunggal Ika-Kearifan Lokal-Kewirausahaan
10 dari 10 soal
Penyataan yang benar tentang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Rahmatan Lil Alamin adalah…
A Profil Rahmatan Lil Alamin dapat terlihat dari peserta didik yang beriman, berkebhinekaan global, bergotong-royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif
B Profil Pelajar Pancasila dapat terlihat dari peserta didik yang berkeadaban, keteladanan, toleransi, konsisten, dinamis, inovatif
C Profil Pelajar Pancasila dirancang untuk menjawab pertanyaan profil (kompetensi) seperti apa yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan di Indonesia
D Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Rahmatan Lil Alamin merupakan dua konsep yang berbeda yang dalam prosesnya tidak dapat dilakukan bersama.
Post a Comment for "Kunci Jawaban Soal Latihan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil'alamin (P5 PPRA)-Bagian 4"
Post a Comment