Cara Membuat Sertifikat Hasil Ujian Madrasah Dengan Mail Merge
Setelah kelas 6 MI, 3 MTs atau 3 MA selesai melaksanakan ujian madrasah maka sebuah madrasah harus membuat suatu bukti bahwa siswanya telah melaksanakan ujian yaitu dengan sertifikat hasil ujian madrasah dan juga sebagai bentuk pelaporan terhadap wali siswa mengenai pencapaian anaknya dalam melaksanakan ujian madrasah.
Kementerian agama telah memberikan suatu blanko sebagai acuan tentang sertifikat hasil ujian tersebut dalam hal ini yang saya contohkan blanko dari kementerian agama kabupaten banyumas tinggal madrasah yang telah melaksanakan ujian mengisinya sendiri.
Untuk mengisinya bisa menggunakan dua cara Pertama yaitu dengan mengisinya secara manual satu persatu yang tentunya sangat merepotkan dan menyita waktu dan tenaga. Sedangkan cara yang Kedua menggunakan MAIL MERGE. Dengan menggunakan mail merge kita bisa mengisi secara otomatis.
Jika kita ingin mencetak satu lembar kerjanya atau template sama tapi isinya berbeda sebaiknya menggunakan mail merge karena dengan menggunakan mail merge akan menyingkat waktu dan tenaga karena apa kita tidak memasukkan satu persatu dan juga karena jika menggunakan mail merge akan secara otomatis akan mengisi sesuai database yang telah kita siapkan. ini bisa digunakan satu sekolahan ataupun lebih dengan murid yang tidak terbatas.
1. untuk mencetak sertifikat hasil ujian madrasah yang pertama di siapkan adalah blangko sertifikatnya
2. siapkan data base yang datanya harus disesuaikan dengan isi template atau blangko sertifikat hasil ujian madrasah.
Siapkan tabel dalam excel yang berisi No, Sekolah Asal, Kecamatan, Nama Siswa, Tempat lahir, Tanggal Lahir, Teks Tanggal Lahir, NIS, NISN, NPSN, mapel BI, mapel MTK, mapel IPA, mapel PKN, IPS, Jumlah, Nama Kepala Madrasah dan terakhir NIP.
Sedangkan dibagian Teks Tgl Lahir masukkan rumus =text(f2;"dd mmmm yyyy") kemudian tekan Enter di keyboard Copykan rumus tersebut ke bawah, setelah itu blok atau selesksi kolom G tadi terus copy dan pastekan dengan paste value
3. Setelah File excel database dibuat dan di isi sesuai dengan data real di sekolah, simpan dalam satu folder dengan blangko sertifikat hasil ujian madrasah dan tutup file excel tersebut, INGAT FILE EXCELNYA HARUS DI TUTUP.
4. Buka kembali file blangko atau master sertifikat hasil ujian madrasah, klik Mailing >> klik select recipients >> pilih use an existing list
maka akan muncul pop up select data source cari file excel database yang terlah dibuat tadi kemudian pilih dan klik open
Setelah muncul Pop up select table pilih database kemudian klik ok4. Blok tulisan titik-titik di sebelah tulisan kepala >> klik insert merge field >> pilih kepala madrasah
5. Blok kembali tulisan titik-titik di sebelah tulisan kecamatan >> klik insert merge field >> pilih kecamatan6. Letakkan kursor di sebelah titik dua bagian tulisan nama
klik insert merge field >> pilih nama siswa
7. Ulangi langkah ke 6 untuk mengisi Tempat, tanggal lahir, Nomor Induk Siswa, Nomor Induk Siswa Nasional, Sekolah Asal, Nomor Pokok Sekolah Nasional, hasil ujian, kepala madrasah, dan NIP Kepala madrasah.
8. Jika langkah 1 sampai dengan 7 sudah dilaksanakan tinggal klik preview result
Semoga tutorial ini bisa bermanfaat silahkan bagikan ke sahabat semua, apabila kurang jelas bisa lihat video berikut dan jika ada pertanyaan silahkan isi di kolom komentar.
Bagi yang membutuhkan file Sertifikat Hasil Ujian Madrasah Dengan Mail Merge bisa di download di link berikut
Post a Comment for "Cara Membuat Sertifikat Hasil Ujian Madrasah Dengan Mail Merge"
Post a Comment